Blog

Tips Membangun Bisnis Online Menggunakan Smartphone

hazdo.web.id – Di era serba digital sekarang ini, smartphone memiliki peranan penting dalam menunjang aktifitas kita, terutama anda yang sering melakukakn kegiata belanja, berjualan dan bisnis online. Kini semuanya menjadi lebih mudah dan simple karena hanya dengan menggunakan smartphone transaksi jual beli bisnis online anda, sudah bisa dilakukan.tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer atau laptop yang terkoneksi ke jaringan internet saja, smartphone sangat lebih praktis dibandingkan harus mengerjakan di PC atau Laptop anda.

Melansir dari halaman arenalte.com ada beberapa hal yang harus diperhatikan, untuk mendorong dan memangun bisnis anda mengunakan smartphone  diantaranya yaitu:

Kecepatan akses internet

Sangat penting bagi pelaku usaha online untuk memiliki smartphone dengan kecepatan akses internet yang handal. Karena sekarang sudah memasuki era jaringan 4G LTE, disarankan untuk menggunakan smartphone yang medukung jaringan 4G LTE cat 4 atau cat 6 yang memiliki kecepatan maksimal hingga lebih dari 100 Mbps. Dan tentu saja prosesor yang mumpuni dengan CPU quad-core atau octa-core untuk mengakses konten internet dengan lancar, karena dasar bisnis yang akan kita lakukan secara online. Sudah banyak tersedia dipasaran smartphone 4G LTE yang bisa dijadikan pilihan.

Membuat Toko Online

Jaman sekarang, toko online yang kita gunakan tidak harus dengan website atau blog sendiri, dengan smartphone layar lebar kita bisa memanfaatkan situs marketplace yang sudah banyak tersedia seperti Kaskus FJB, Bukalapak, Tokopedia atau OLX. Marketplace yang disebutkan tadi sudah memiliki aplikasi versi smartphone, jadi cukup buka akun milik kita sendiri untuk kemudian bisa langsung menjual produk atau jasa milik kita. Layar lebar sangat bermanfaat untuk melihat tampilan produk lebih leluasa. Disarankan untuk menggunakan smartphone dengan layar yang cukup luas dan tajam,

Gunakan Smartphone dengan Kamera Super

Bisnis online identik dengan kualitas foto produk yang jelas, tujuannya adalah agar pembeli dapat melihat secara detail produk yang dijual. Pasalnya karena tak bisa melihat produk secara langsung, calon konsumen hanya puas dengan foto barang ditambah deskripsi produk yang ada. Disarankan untuk menggunakan kamera smartphone dengan kekuatan lensa diatas 13 Megapiksel. Selain itu, kamera depan 5 Megapiksel yang dimilikinya juga bermanfaat ketika kita harus melakukan konferensi video melalui smartphone.

Optimalkan Aktivitas Bisnis dengan Aplikasi Pendukung

Selain fitur dan teknologi bawaan, menjalankan usaha lewat smartphone juga membutuhkan aplikasi pendukung yang mumpuni. Mulai dari untuk memoles hasil foto produk seperti Photoshop Express, Snapseed, atau VSCO; sampai Google Drive beserta Docs, Sheets, dan Slides untuk operasional bisnis atau membuat presentasi. Ada juga Evernote yang bisa digunakan untuk berbagai catatan terkait bisnis online yang dijalankan. Untuk yang membutuhkan, aplikasi seperti Trello, Slack, atau Asana bisa diandalkan untuk pengelolaan project dan komunikasi tim. Sementara untuk menerima pembayaran, pebisnis pemula bisa memaksimalkan aplikasi seperti PayPal atau Square.

Pilih Smartphone dengan Kapasitas Penyimpanan yang Luas

Penyimpanan dalam smartphone menjadi faktor penting yang tidak boleh kita lupakan. Semakin banyak produk maka foto yang disimpan akan semakin banyak, belum lagi dokumen lainnya seperti foto kuitansi pengiriman, sampai berbagai aplikasi pendukung, dan lain sebagainya. Karena semua usaha online yang kita lakukan tersimpan dalam sebuah smartphone, maka disarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan sangat luas, yang memiliki kapasitas penyimpanan internal 16 GB ditambah dengan dukungan slot microSD yang dapat memperbesar kapasitasnya hingga 128 GB.

Maksimalkan Peran Media Sosial, Facebook dan Instagram

Media sosial merupakan salah satu kanal terbaik untuk promosi dan berjualan secara online. Selain membuat toko online di situs marketplace, pastikan kita menggunakan smartphone yang terinstal berbagai aplikasi sosial media. Instal jejaring sosial di smartphone dengan harapan menjaring massa lebih banyak. Antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Path, bahkan YouTube. Bila ada notifikasi seputar pertanyaan atau pemesanan di sana, Anda bisa langsung mengetahui dan meresponnya secara cepat.

Maksimalkan kontak person yang kita miliki dan tambah kontak-kontak baru yang relevan dengan produk yang kita jual. Bisa juga sebar nomor telepon, nomor WhatsApp, username aplikasi chat, hingga PIN BlackBerry untuk menjaring konsumen. Layanan Instant Messengermerupakan cara tepat dan cepat untuk berkomunikasi, sehingga kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Pastikan nomor telepon atau aplikasi chatting kita selalu dalam keadaan aktif. Salah satu penentu tingkat penjualan produk adalah kemudahan penjualnya saat dihubungi oleh calon pembeli.

Bangun Reputasi yang Baik

Tumbuhkan rasa saling percaya dengan pelanggan. Berjualan via smartphone sejatinya antara pedagang dan calon pembeli tidak saling bertatap muka. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi. Oleh karena itu kepercayaan pelanggan harus kita jaga dengan terus membuat reputasi yang baik dari usaha online yang kita jalankan.

Dengan memanfaatkan smartphone untuk kegiatan bisnis online, kita bisa lakukan screen shoot testimonial dari pelanggan, ataupun dari transaksi yang telah berhasil kita lakukan, kemudian pasang di toko online atau sebagai display picture media sosial. Hal ini bisa menambah keyakinan customer anda terhadap online store kita. Dan pastikan jurus utama dalam menggaet konsumen adalah mempertahankan repeat order, bukan first order.

Related posts

Begini Cara Download Video Agar Kuota Internet Hemat

hazdo

Cara Mudah Membuat Credit Video

hazdo

Cara Membuat Effect Shake Transition Video

hazdo

Leave a Reply